RSS Feed

Alasan tepat memulai Yoga


1. Fleksibilitas pada badan
Keuntungan yang segera dapat dilihat apabila kita berlatih yoga adalah mempunyai badan yang fleksibel dari pada sebelumnya. Mungkin pada awal berlatih kita belum dapat melakukan forward bend atau mencium lutut, tetapi dengan konsistensi latihan yang baik, kita akan dapat melakukannya.
Yoga Body Stretch adalah suplemen yang aman untuk membuat badan jadi lentur dan fleksiblel?

2. Otot yang lebih kuat
Meskipun tidak seperti latihan angkat beban, yoga dapat memperkuat otot-otot. Otot yang kuat dapat melindungi kondisi seperti arthritis pada sendi, sakit punggung dan pinggang,. Otot yang lebih kuat juga melindungi orangtua/berumur menghindari risiko jatuh dan/atau patah tulang.

3. Melemaskan Sendi
Setiap kali kita berlatih yoga, semua sendi tulang akan digerakan kesemua arah dengan maksimal. Hal ini akan melindungi penyakit seperti “degenerative disk disease” (biasanya terjadi pada bagian tulang belakang C5-C6 yang menyebabkan sakit pada punggung dan pinggang). Sadarkah kita apabila seseorang tidak pernah bergerak, sendi tulang akan lebih kering dan hal ini menyebabkan risiko radang arthritis? Gerakan-gerakan yoga membantu tubuh memberikan nutrisi pada tulang (berupa cairan) yang efeknya seperti pelumas.

4. Menyehatkan tulang punggung
Memastikan tulang punggung di posisi yang baik dan benar. Tulang punggung sangat membutuhkan gerak? YA, tanpa bergerak, tulang akan rapuh dan mudah sekali terjadi penyempitan. Dengan latihan yoga, kita dapat menghindari sakit punggung bahkan risiko operasi (apabila sudah pada phase tertentu, sakit punggung tidak dapat disembuhkan dengan cara alami).

5. Melancarkan aliran darah
Setelah berlatih yoga, kita akan merasakan sirkulasi darah yang lebih lancar di tubuh, tangan dan kaki. Semua sel dalam tubuh berfungsi dengan baik karena bertambahnya asupan oksigen. Dengan melancarkan peredaran darah dari bagian bawah (kaki dan pinggang) ke jantung, dan kemudian ke paru-paru, berarti anda mengurangi risiko bengkak pada kaki (yang biasanya disebabkan oleh terlalu sering duduk di kantor) dan mengurangi risiko negatif pada organ jantung dan ginjal. Sudah dibuktikan oleh medis, yoga menambah sel hemoglobin dan partikel sel darah merah, yang merupakan alat sirkulasi oksigen ke semua bagian tubuh.

6. Immune tubah
Sistem immune adalah bagian dari pertahanan tubuh. Apabila otot di stretching dan di kontraksi pada latihan yoga, proses ini akan me-aktivasi sistem lymphatic pada manusia dan akan mengeluarkan cairan pertahanan tubuh yang mengurangi risiko infeksi. Hal ini termasuk memerangi pertumbuhan sel-sel kanker pada tahap awal.

7. Mengurangi tekanan darah
Apabila kita mempunyai gejala tekanan darah tinggi, maka kita akan sangat diuntungkan dengan berlatih yoga. Dari studi yang diterbitkan oleh British Journal, “The Lancet”, menunjukkan efek dari Savasana (Corpse pose), yaitu pose yang sangat mudah dan simple. Setelah dilakukan selama 3 bulan, terbukti bahwa pose Savasana dapat mengurangi tekanan darah sebesar 26 point pada tekanan Systolic (angka atas pada tekanan darah) dan 15 point pada tekanan Diastolic (angka bawah pada tekanan darah).

8. Menyehatkan detak jantung
Apabila anda mengikuti kelas kardio seperti aerobik, renang, dsb, sudah tentu jantung anda akan lebih sehat dan mengurangi resiko serangan jantung. Yoga bukanlah aerobik, tetapi ada beberapa jenis yoga yang memberikan efek seperti halnya melakukan aerobik. Sebagai contoh: Ashtanga yoga, power yoga, dan bikram yoga…

9. Memperendah level Cortisol
Apabila anda mengalami stress dan depresi, tubuh anda akan mengeluarkan “Cortisol”. Apabila level dari Cortisol tinggi, hal ini tidak akan baik bagi tubuh, karena Cortisol akan menghambat pengeluaran cairan immune tubuh, menambah gula dalam tubuh dan menaikkan tekanan darah. Apabila kita melakukan latihan yoga secara reguler, cortisol level pada tubuh akan terkontrol dengan baik dan anda akan sehat selalu.

10. Membakar Kalori
Beberapa dari kita ingin menurunkan berat badan atau menjadi lebih langsing. Hal ini bisa didapatkan apabila kita membakar kalori lebih banyak. Kegiatan yoga yang dilakukan dengan temperatur 40 derajat celcius dapat membakar kalori sangat banyak atau melakukan gerakan yoga tanpa henti.

11. Merendahkan kadar Gula Darah
Telah dibuktikan, latihan yoga secara reguler menurunkan kadar gula dan LDL (kolesterol jelek pada tubuh). Dengan demikian, hal ini menambah kesehatan secara keseluruhan.

12. Mempertinggi tingkat immune tubuh
Semua jenis yoga dapat meningkatkan pertahanan tubuh (immune body system).

13. Menambah kapasitas bernafas
Ada teknik bernafas yang disebut “complete breathing” diajarkan kepada penderita gagal jantung dan paru-paru. Setelah dilakukan penuh sebulan, mereka rata-rata mengalami kemajuan pada kondisi kesehatannya. Bernafas secara dalam (deep breathing) juga memberikan asupan oksigen yang lebih banyak kedalam darah.

Yoga memberikan kesehatan secara total. Jadi tunggu apa lagi?

About Susan Harsawardana

A lucky wife of a fabulous husband and proud mom of a good children. Homemaker, love Yoga and do some online business ; design, caricature and as Independent Oriflame Consultant

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: