RSS Feed

Mengelola Kolesterol melalui Posisi Yoga


Tahukah Anda?

Kolesterol adalah substansi lembut, berada di antara lipid dalam aliran darah dan sel. Kolesterol tidak semuanya buruk. Sebagai contoh, tubuh kita menggunakannya untuk membentuk membran sel. Tapi terlalu banyak kolesterol dalam aliran darah bisa tidak sehat, dan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Penelitian Bite

Menurut beberapa penelitian, kadar kolesterol total kurang dari 200 adalah yang terbaik. 200-239 adalah batas tinggi. 240 atau lebih berarti Anda pada peningkatan risiko untuk penyakit jantung. Yoga menggunakan latihan untuk bersantai dan nada otot dan untuk memijat organ-organ, teknik pernapasan untuk mengatur energi tubuh tingkat dan postur relaksasi untuk mengurangi dan menghilangkan stres dan kecemasan. Yoga mengurangi hormon stres, yang pada gilirannya menurunkan kolesterol. Untuk menurunkan efek buruk dari stres dan produk sampingan, sebuah rezim harian latihan yoga setidaknya selama 20 – 30 menit setiap hari sangat dapat membawa perasaan kesehatan yang baik dan menurunkan kolesterol jahat secara signifikan.

Latihan Yoga untuk Mengelola Kolesterol

Berikut ini adalah pose yang bermanfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan penumpukan kolesterol dalam tubuh Anda.

Sarvangasana

Berbaring telentang. Tarik napas dalam-dalam sementara menaikan kaki dan tulang belakang sampai jari kaki menunjuk ke langit-langit. Tubuh bertumpu pada bahu dan bagian belakang leher. Tubuh didukung oleh tangan, yang ditempatkan di tengah tulang belakang antara pinggang dan tulang belikat. Jaga tulang punggung dan kaki lurus. Tetap dalam posisi ini selama sekitar dua menit. Sekarang tekuk lutut Anda, kurva punggung dan perlahan kembali ke tergeletak di lantai sambil membuang napas. Pertama tekuk lutut Anda, menaruh telapak Anda di lantai, maka tulang belakang melengkung, secara bertahap terungkap dengan cara yang terlepas dari gulungannya karpet. Ketika seluruh punggung Anda menyentuh lantai, luruskan lutut, ambil napas dalam-dalam dan perlahan-lahan lebih rendah kaki Anda ke tanah saat napas keluar.

Ardha Matsyendrasana

Duduklah dengan memperluas kedua kaki Anda bersama-sama di depan, tangan oleh samping, telapak tangan beristirahat di atas tanah. Jari harus tetap bersama-sama menunjuk ke depan. Lipat kaki tepat di lutut. Perlahan-lahan mengatur tumit kanan pada perineum. Sekarang melipat kaki kiri, membawanya dari atas lutut kanan, tempat itu di samping pada tanah. Lutut kaki kiri harus tetap ke arah langit. Sekarang membawa tangan kanan pada sisi kiri lutut kiri. Lutut kiri harus tetap di sisi kiri ketiak kanan. Sekarang meluruskan tangan kanan dan memegang kaki atau pergelangan kaki kiri. Memutar tubuh ke sisi kiri, melihat ke belakang, tempat tangan kiri membawanya dari kembali pada paha kanan. Pandangan harus ke arah belakang. Ketika kembali ke posisi semula, pertama melepaskan tangan dari paha dan putar kepala ke depan. Sekarang membawa kembali ke posisi normal setelah melonggarkan tangan kanan. Bawa kaki kiri dalam posisi aslinya. Sekarang membawa kaki kanan juga ke posisi semula. Ulangi hal yang sama dari sisi lain dengan melipat kaki kiri pertama.

Shalabhasana

Berbaring menghadap ke bawah dengan lengan di samping, telapak tangan ke bawah, siku sedikit ditekuk (jari menunjuk ke arah kaki). Lalu tiba-tiba menaikkan kaki dan paha (dan tubuh jika mungkin) dari tanah. Hanya dagu, bahu dan dada harus menyentuh tanah. Tahan diri Anda dalam posisi ini selama 1 detik. Latihan ini dapat dilakukan sekitar setengah lusin kali dengan keselamatan. Jangan tahan nafas, dan berpose untuk terlalu lama jika terasa tidak nyaman. Setelah menyelesaikan postur ini, pernapasan akan lebih cepat. Jangan ulangi postur sampai percepatan pernapasan telah berkurang.

Vajrasana

Duduklah dengan kaki diperpanjang bersama-sama, tangan di sisi tubuh, telapak beristirahat di tanah, jari-jari tangan bersama-sama menunjuk ke depan. Lipat kaki kanan di lutut dan tempat kaki di bawah pantat kanan. Sole akan tetap berada di dalam. Demikian pula melipat kaki kiri, tempat di bawah pantat kiri. Tangan harus beristirahat di paha masing-masing. Duduk tegak, pandangan ke arah depan dan tutup mata Anda. Ketika kembali ke posisi semula, tekuk sedikit ke arah sisi kanan dan mengambil kaki kiri dan memperluasnya. Demikian pula memperpanjang kaki kanan dan kembali ke posisi semula.

Dikutip dari: http://www.desidieter.com

About Susan Harsawardana

A lucky wife of a fabulous husband and proud mom of a good children. Homemaker, love Yoga and do some online business for a healthy life.

Leave a comment