RSS Feed

Yoga Dapat Membantu Penderita Hipertiroid


Kabar baik buat penggemar yoga.

Selain menenangkan pikiran, menghilangkan stres dan meningkatkan konsentrasi kini yoga juga bisa digunakan sebagai perawatan untuk penyakit hipertiroid (produksi hormon tiroid yang berlebihan).

Sebenarnya yoga bisa digunakan untuk menstimulasi kelenjar tiroid, pineal, pituitary dan juga kelenjar adrenal. Manfaatnya adalah dengan melakukan yoga bisa membantu melemaskan dan meregangkan otot di leher serta memperkuat sistem saraf.

Kelenjar tiroid itu sendiri bertanggung jawab terhadap berat badan dan penampilan awet muda seseorang. Yoga yang dilakukan untuk penderita hipertiroid berguna dalam merangsang kelenjar tiroid agar dapat bekerja seefisien mungkin. Salah satu gerakan dalam yoga yang bisa membantu penderita hipertiroid adalah ‘Ustrasana” atau disebut juga dengan posisi unta.
Gerakan ini adalah berlutut dengan jarak lutut diatur selebar bahu. Letakkan telapak tangan di punggung bagian bawah. Telapak tangan lantas mendorong punggung ke depan. Dada menghadap ke atas dan leher dipanjangkan ke belakang. Tahan selama 5 detik. Buang napas, dan lakukan gerakan ini sebanyak 2 set.

Selain gerakan yoga tersebut, penderita hipertiroid pun bisa melakukan latihan seperti duduk di atas tumit lalu letakkan tangan di belakang sambil digenggam. Tarik napas dalam-dalam dan kemudian dikeluarkan sambil kepala digerakkan ke belakang.

Pada saat yang bersamaan angkat lengan tangan sedikit ke belakang dan bernapaslah secara normal. Turunkan tangan secara perlahan-lahan sambil keluarkan napas dan kembali duduk dengan tegak. Ulangi hal ini 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Selain melakukan gerakan-gerakan tersebut, sebaiknya juga menghindari hal-hal yang dapat memicu meningkatnya hormon tiroid seperti jangan merokok dan mengonsumsi alkohol, hindari mengonsumsi kafein, hindari makanan yang dibuat dengan menggunakan berbagai proses seperti pasta atau roti putih serta kurangi makanan yang berlemak.

Hipertiroid memang suatu penyakit yang tidak menyenangkan. Tetapi dengan melakukan langkah-langkah mudah tersebut, Anda bisa secara efektif menyembuhkan kelenjar tiroid yang terlalu aktif.

Dikutip dari detikHealth, Sabtu, 10/10/2009 09:41 WIB

About Susan Harsawardana

A lucky wife of a fabulous husband and proud mom of a good children. Homemaker, love Yoga and do some online business ; design, caricature and as Independent Oriflame Consultant

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: