RSS Feed

Yoga Untuk Penderita Radang Sendi


Menderita arthritis bukan berarti tak dapat melakukan latihan fisik. Yoga yang mempelajari gerakan lembut, secara bertahap dapat membangun kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas. Yoga akan banyak bermanfaat bagi penderita radang sendi.

Menurut pedoman pengobatan yang diterbitkan oleh American College of Rheumatology, aktivitas fisik merupakan bagian penting dari pengobatan yang efektif untuk osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA). Latihan yang lembut dan aman lebih baik, sehingga tidak memperburuk nyeri atau memperburuk penyakit pada penderita artritis.

Aktivitas fisik secara teratur sangat penting untuk orang dengan radang sendi, yang sering mengalami penurunan kekuatan otot, energi fisik, dan daya tahan. Fungsi kekebalan ditingkatkan dan manfaat psikologis dari latihan, seperti gejala depresi lebih sedikit dan pengurangan stres, dapat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

Yoga merupakan cara yang efektif dan aman untuk meningkatkan aktivitas fisik, termasuk untuk orang yang menderita radang sendi.

Yoga dapat meningkatkan keseimbangan, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan kekuatan otot, dan meningkatkan daya tahan pernapasan. Yoga dapat meningkatkan energi tubuh sehingga akan lebih sedikit merasakan sakit dan nyeri.

Sampai sekarang, hanya sedikit studi ilmiah telah dilakukan mengenai yoga pada orang dengan Oosteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA), meskipun ada banyak bukti dari manfaat latihan fisik tersebut.

Dengan beberapa perbaikan dalam kesehatan sendi, kesejahteraan emosional, dan fungsi fisik, studi awal telah menunjukkan hasil yang menjanjikan. Yoga dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan perasaan positif dan kesejahteraan, serta mengurangi stres dan frustrasi yang merupakan hasil dari rasa sakit.

Meskipun terdapat pengobatan untuk pasien radang sendi, namun para pasien membutuhkan kegiatan tambahan untuk mengurangi rasa sakit. Menggabungkan yoga dengan program perawatan medis akan sangat baik, sehingga dapat memberikan manfaat penting untuk tambahan kesehatan fisik dan psikologis bagi pasien arthritis seperti dikutip dari Epharmapedia, Kamis (29/9/2011).

About Susan Harsawardana

A lucky wife of a fabulous husband and proud mom of a good children. Homemaker, love Yoga and do some online business ; design, caricature and as Independent Oriflame Consultant

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: