RSS Feed

Persepsi Salah Tentang Yoga


Seiring dengan pesatnya perkembangan yoga di dekade ini, ternyata masih banyak yang salah paham terhadap yoga. Umumnya kesalahpahaman ini muncul karena kurangnya informasi tentang yoga, khususnya bagi mereka yang baru mulai tertarik.

Bukan hanya bagi mereka yang fit dan fleksibel
Bila melihat foto yang menggambarkan pose yoga yang lentur, Anda dapat memperoleh kesan bahwa yoga hanyalah untuk mereka yang muda, kuat dan atletis. Sebenarnya, bila Anda merasa bahwa Anda tidak mampu melakukan yoga, maka yoga justru akan sangat membantu Anda. Sangat umum terjadi bahwa orang tanpa pengalaman yoga justru paling cepat memperoleh kemajuan/manfaat untuk kondisi kesehatan, dibandingkan dengan mereka yang sudah sering berlatih.

Bukan hanya bagi mereka yang berbadan sehat
Banyak penelitian sudah dilakukan baik di India maupun Barat bahwa yoga dapat digunakan untuk terapi kesehatan, baik itu kesehatan fisik, mental maupun emosional. Walaupun yoga bukanlah obat, namun kombinasi antara pengobatan medis dengan latihan yoga dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan lebih cepat dan efektif. Hal ini karena yoga menggunakan pendekatan holistik terhadap diri manusia sehingga dapat diaplikasikan untuk setiap orang. Anda dapat menemukan berbagai macam kelas, kursus ataupun buku tentang terapi yoga di berbagai tempat.

Bukan agama
Yoga memang berasal dari India, namun bukan praktik agama Hindu — yang kebetulan juga berasal dari India. Betul bahwa ada sisi spiritual dalam yoga, namun Anda tidak harus terikat terhadap suatu agama tertentu untuk mempraktikkan yoga. Anda bisa melakukan pendekatan “ambil yang anda perlu dan lupakan yang lainnya” terhadap yoga. Bila Anda hanya menginginkan kesehatan fisik, silakan latihan asanas sebanyak-banyaknya. Tidak ada paksaan apapun dalam berlatih yoga karena memang hanya Anda-lah yang akan merasakan manfaat yoga secara keseluruhan.

Itulah indahnya yoga. Begitu luas makna dan manfaatnya sehingga Anda dapat menerapkannya sesuai kondisi Anda.

Sudahkah Anda berlatih yoga hari ini?

Dikutip dari YAHOO! SHE 07/11/2011

About Susan Harsawardana

A lucky wife of a fabulous husband and proud mom of a good children. Homemaker, love Yoga and do some online business ; design, caricature and as Independent Oriflame Consultant

One response »

  1. saya adalah salah satu penggemar yoga ^^

    Reply

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: